Anda warga ibukota atau sekitarnya yang sedang mencari tempat wisata murah dan menarik di Jakarta? Jika anda berfikir tidak ada tempat wisata di Jakarta yang bisa anda datangi di saat dompet menipis tentu anggapan tersebut bisa dikatakan salah besar. Meskipun Jakarta merupakan kota metropolitan yang tentu saja biaya hidupnya berada di atas rata-rata kota besar lainya, jika anda mencari tempat wisata di Jakarta yang murah meriah tentu saja masih bisa ditemukan di kota ini.

Dua Opsi Tempat Wisata di Jakarta, Objek Sejarah atau Objek Rekreasi Alam?

Jika anda ingin menghabiskan liburan hemat di dalam kota maka anda bisa memilih kedua opsi wisata ini. Di Jakarta sendiri untuk wisata sejarah bisa dibilang merupakan jenis wisata yang paling murah dan hemat. Hal ini dikarenakan tiket masuk ke tempat-tempat yang menjadi saksi sejarah seperti museum memang memiliki tarif yang sangat terjangkau. Selain tarif yang terjangkau akses transportasi ke tempat-tempat tersebut juga sangatlah mudah dicapai dengan transportasi umum seperti sewa bus pariwisata Jakarta, Transjakarta atau kereta api.


Tempat-tempat bersejarah yang juga sangat cocok untuk di perlihatkan di “feeds” instagram anda ini diantaranya adalah:
  • Kawasan Kota Tua Jakarta
  • Museum Bahari
  • Museum Nasional
  • Tugu Proklamasi
  • Monumen Kebangkitan Nasional
Sedangkan jika anda sudah penat dengan padatnya ibukota dan mencari tempat wisata di Jakarta yang memiliki konsep alam tanpa harus jauh-jauh pergi ke luar kota mungkin anda berfikir apakah ada tempat wisata seperti itu di Jakarta. Asumsi tersebut hampir ada di setiap orang yang tinggal di Jakarta terlebih dengan pembangunan yang sangat pesat di kota ini, sangat sulit mencari wisata alam tanpa harus ke luar kota.

Sulit Bukan Berarti Tidak Ada

Jika anda bepergian sedikit ke utara Jakarta, anda bisa berkesempatan mengunjungi tempat wisata di Jakarta yang masih mempertahankan keindahan dan ekosistem alam di pinggir kota. Salah satu tempat tersebut adalah Hutan Wisata Mangrove di daerah Pantai Indah Kapuk. Di tempat ini akan ada hmaparan pohon mangrove yang ditanam untuk menjaga ekosistem di pinggir pantai.
Jika anda berada di tempat wisata ini mungkin anda merasa tidak sedang berada di Jakarta karena walaupun tempatnya cukup dekat dengan kawasan pemukiman, kebisingan dan hiruk pikuk ibukota hampir tidak terdengar. Salah satu hal cukup unik yang bisa anda lihat dari jembatan yang mengitari kawasan hutan mangrove ini adalah pemandangan pesawat yang akan landing di Bandara Soekarano Hatta yang sangat jelas dengan durasi pesawat setiap 3-5 menit. Pemandangan ini tentu saja tidak bisa anda lihat setiap hari. Akses ke tempat wisata ini juga cukup mudah dijangkau dengan transportasi umum sehingga tidak sulit menemukannya.
Jika anda tidak ingin pergi terlalu jauh ke utara Jakarta maka anda bisa memilih untuk mengunjungi hutan-hutan kota yang berada di pusat Jakarta. Nuansa alam yang disajikan pun tidak kalah bagusnya. Berikut adalah list tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam.
  • Taman Suropati
  • Hutan Kota Srengseng
  • Setu Babakan
  • Museum Tengah Kebun
List di atas hanya sedikit dari banyaknya tempat wisata di Jakarta yang bisa anda kunjungi baik di hari biasa maupun di akhir pekan. Jadi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu bersama orang terdekat dan tidak ingin pergi ke luar kota tentu memiliki banyak pilihan untuk tetap di Jakarta dan bisa menikmati pilihan wisata sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jadi, ayo liburan di Jakarta!